Wednesday 11 December 2013

Cara Kerja Panel Surya

Cara Kerja Genset Tenaga Surya - Solar Power System - Paket Murah Tenaga Surya - Listrik Alternatif Murah - Panel Surya Murah - Melayani Penjualan dan Pemasangan ke seluruh wilayah Indonesia

Beberapa solar panel di-paralel-kan untuk menghasilkan arus listrik yang lebih besar. Combiner pada gambar diatas menghubungkan kaki positif panel surya satu dengan panel surya lainnya. Kaki/ kutub negatif panel satu dan lainnya juga dihubungkan. Ujung kaki positif panel surya dihubungkan ke kaki positif charge controller, dan kaki negatif panel surya dihubungkan ke kaki negatif charge controller. Tegangan panel surya yang dihasilkan akan digunakan oleh charge controller untuk mengisi baterai. Untuk menghidupkan beban perangkat AC ( alternating current) seperti Televisi, Radio, komputer, dll, arus baterai disupply oleh inverter.



Komponen - komponen Utama PLTS
Charge controller
Digunakan untuk mengatur pengaturan pengisian baterai. Tegangan maksimun yang dihasilkan solar cells panel pada hari yang terik akan menghasilkan tegangan tinggi yang dapat merusak baterai.
Inverter
Adalah perangkat elektrik yang mengkonversikan tegangan searah ( DC - direct current) menjadi tegangan bolak balik ( AC - alternating current) .
Baterai
Adalah perangkat kimia untuk menyimpan tenaga listrik dari tenaga surya. Tanpa baterai, energi surya hanya dapat digunakan pada saat ada sinar matahari.



Untuk listrik tenaga surya skala rumah tangga ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pemasangan panel surya agar diperoleh daya yang optimum, diantaranya:
1.Jumlah radiasi cahaya matahari
Untuk Indonesia ini tidak menjadi masalah karena Indonesia adalah negara tropis yang menerima cahaya matahari sepanjang tahun.
2. Sudut panel / kemiringan panel
Yang terbaik adalah meletakan panel tegak lurus dengan dengan arah sinar matahari. Untuk daerah sebelah selatan katulistiwa, panel diletakan menghadap ke utara dengan kemiringan besarnya tergantung pada posisinya pada garis bujur.
3. Temperatur panel
Biasanya panel dirancang untuk menghasilkan energi optimum pada suhu ruangan 25 derajat celcius. Jika panel tidak beroperasi pada temperatur tersebut, maka efisiensinya berkurang. Karena itu biasanya diletakan ditempat yang sejuk dan banyak angin.

Hubungi kami untuk konsultasi gratis mengenai kebutuhan anda akan konversi listrik ke Tenaga Matahari.
Call Center : 0511 - 7366 387
BBM ; 74DD8F5D
Sales : 0857 1988 3289